Senin, 07 Januari 2013

Tela'ah Materi Alqur'an Hadits Madrasah Aliyah Kelas 12




BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari Al-Qur'an-Hadis yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian al-Qur'an dan al-Hadis terutama menyangkut dasar-dasar keilmuannya sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, serta memahami dan menerapkan tema-tema tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perspektif al-Qur'an dan al-Hadis sebagai persiapan untuk hidup bermasyarakat.  Secara substansial, mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur'an-hadis sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.
Maka dari itu dalam makalah ini penulis berusaha menelaah materi Alqur’an Hadits khususnya kelas XII Madrasah Aliyah pada buku yang berjudul “Alqur’an – Hadis madrasah Aliyah Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2” karya H. A. Wahid Sy. Dengan jumlah halaman 122, x.

B.     Rumusan Masalah
Melihat latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah yang akan dipaparkan adalah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian telaah penjelasan materi Alqur’an Hadits Madrasah Aliyah?
2.      Bagaimana penjelasan materi Alqur’an Hadits Madrasah Aliyah?
3.      Sejauh mana kesulitan dan kemudahan serta relevansi penjelasan materi Alqur’an Hadits Madrasah Aliyah?

Jepara, 3 Januari 2013



Penulis

BAB II
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Al-Qur'an-Hadis
a. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.   Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.1    Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.2    Menjelaskan kandungan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.3    Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.4    Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96; dan Hadis tentang berdakwah dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Memahami  ayat-ayat al-Qur'an dan al-hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
2.1    Mengartikan QS  at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.2    Menjelaskan kandungan QS  at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.3    Mengidentifikasi  perilaku orang yang mengamalkan QS  at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.4    Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS  at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QSan-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari
3.   Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
3.1    Mengartikan  QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.2    Menjelaskan kandungan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.3    Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
3.4    Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkandung dalam QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur



e. Kelas XII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan
1.2  Mengartikan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.2  Menjelaskan  kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.3 Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.3  Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja














2.1  Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11;  QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
2.2  Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah: 11;  QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
2.3  Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-Mujaadalah: 11;  QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
2.4  Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS al-Mujaadalah: 11;  QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja.


3.   Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik

3.1  Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.2  Menjelaskan kandungan  QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.3  Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.4  Mengidentifikasi makanan yang halal  dan baik seperti terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.5  Menerapkan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami  ayat-ayat al-Qur'an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
4.1  Menerjemahkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.2  Menjelaskan   kandungan QS al-‘Alaq: 1-5; QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.3  Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.4  Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung dalam QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.


download lengkap hasil analisis telaah materi PAI silahkan klik disini,

4 komentar: